Profil Legenda Euro 2020: Antonin Panenka, Pahlawan Ceko Sekaligus Pencipta Tendangan Penalti Legendaris

Profil Legenda Euro 2020: Antonin Panenka, Pahlawan Ceko Sekaligus Pencipta Tendangan Penalti LegendarisPiala Eropa 1976 mengikutsertakan empat team pada perputaran final. Cekoslowakia bersama Antonin Panenka secara mengagetkan sanggup cetak riwayat sebagai juara.

Piala Eropa 1976 diadakan di Yugoslavia saat berdaulat. Saat itu, kompetisi elite itu cuma dituruti Yugoslavia, Cekoslowakia, Belanda, dan Jerman Barat.

Pada laga pertama, Ceko harus kerja keras menaklukkan Belanda dengan score 3-1. Saat itu, ke-2 team bermain seri 1-1 di saat normal, tetapi Ceko sukses cetak 2 gol tambahan pada ekstra time.

Laga yang tidak kalah hebat terjadi saat Yugoslavia bertemu Jerman Barat, juara bertahan Piala Eropa. Ke-2 team harus bermain seri 2-2 di saat normal. Tetapi, Jerman Barat pastikan ticket ke final sesudah menambahkan 2 gol pada ekstra time.

Dalam partai pucuk, Cekoslowakia pada akhirnya bertemu Jerman Barat. Laga diadakan di Red Star Fase pada 20 Juni 1976. ( Situs Judi Parlay )

Ceko saat itu cetak 2 gol terlebih dahulu lewat Jan Svehlik (8′) dan Karos Dobias (25′). Tetapi, Jerman Barat sukses cetak gol pengimbang lewat Dieter Muller (28′) dan Bernd Holzenbein (89′). Pertandingan selanjutnya dilanjutkan ke ekstra time.

Di dalam 2×15 menit itu ke-2 team sanggup menjaga posisi, hingga tanding diteruskan ke set beradu sepakan penalti. Ceko pada akhirnya angkat piala Piala Eropa 1976 sesudah meraih kemenangan dengan score 5-3.

Semua pelaksana eksekusi sepakan penalti Ceko yaitu Marian Masny, Zdenek Nehoda, Anton Ondrus, Ladislav Jurkemik, dan Antonin Panenka sukses melakukan pekerjaannya.

Adapun Jerman Barat cetak gol lewat Rainer Bonhof, Heinz Floche, dan Hans Bongartz, dan Ulrich Hoenech tidak berhasil lakukan pekerjaannya.

Karena kesuksesan itu, Antonin Paneka dianugerahkan Golden Foot Legends Awards pada 2014. Piala itu lengkapi catatan Czechoslovak Footballer of the Year yang dicapainya pada 1980.

Gelar itu jadi salah satu yang dicapai Ceko sampai sekarang ini. Pada Piala Eropa 1966, Ceko kembali bertemu Jerman (telah berdaulat) di final. Tetapi, Tim nasional Jerman sukses membalas sakit hati dengan menang 2-1 pada extra time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *